Cara Membersihkan Pendengaran Dengan Benar

Salah satu anggota badan yang menerima banyak perhatian yaitu telinga, apalagi disaat pendengaran terasa gatal. Meskipun tidak ada kotoran di dalamnya, orang akan segera membersihkannya dikala terasa gatal. Padahal, membersihkan pendengaran terlalu sering akan menimbulkan duduk kasus gres bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa cara yang benar dan sempurna yang harus diperhatikan dikala membersihkan telinga.

1.    Gunakan Cairan Pembersih Baby Oil
Salah satu anggota badan yang menerima banyak perhatian yaitu pendengaran Cara Membersihkan Telinga dengan Benar
Image Source: pixabay.com


Untuk membersihkan cuilan daun telinga, sebaiknya gunakan cairan pembersih baby oil dengan kapas. Kemudian, bersihkan secara perlahan di cuilan daun pendengaran yang kotor.

2.    Cara Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Ketika memakai cotton bud untuk membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan sampai sebatas daun pendengaran saja. Jika membersihkan pendengaran terlalu dalam akan menciptakan kotoran semakin terdorong ke dalam dan menumpuk.

3.    Gunakan Cairan Khusus Pembersih Telinga

Jika pendengaran terasa gatal, gunakan cairan khusus pembersih telinga. Teteskan cairan tersebut ke dalam telinga, cairan tersebut akan mengeras dan keluar dengan sendirinya.

4.    Membersihkan dengan Cara Alami

Apabila kesulitan untuk mencari cairan khusus pembersih telinga, bersihkan dengan cara alami yaitu dengan memakai kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat, peras dan putar kapas sampai membentuk kerucut. Kemudian, bersihkan cuilan pendengaran yang terasa gatal.

5.    Memakai Cotton Bud Berbentuk Kail

Jika terdapat kotoran yang sudah membantu di cuilan dalam telinga, bersihkan dengan memakai cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail tetapi jangan gunakan alat yang terbuat dari logam.
Jika permasalahan pendengaran tak kunjung teratasi, konsultasikan kepada dokter yang berpengalaman. Biasanya dokter akan menunjukkan obat tetes pendengaran (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran yang mengeras. (Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung secara Alami)
0 Komentar untuk "Cara Membersihkan Pendengaran Dengan Benar"

Back To Top