Cara Meningkatkan Kekebalan Badan / Sistem Imun Anak

Sistem kekebalan badan atau sistem imun mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, sistem ini terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya bekerja secara kolektif untuk melawan zat gila yang masuk ke dalam tubuh. 

Sistem kekebalan badan juga menunjukkan santunan dari efek luar menyerupai abses kuman, basil dan virus dengan melibatkan sel dan organ di dalam tubuh, apabila sistem ini melemah maka santunan yang dihasilkan menjadi lemah sehingga kuman, virus maupun basil sanggup masuk dan berkembang. 
Sistem kekebalan badan atau sistem imun mempunyai peranan yang penting dalam menjaga keseh Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh / Sistem Imun Anak
Image Source: pixabay.com

Kondisi ini sering dialami oleh bawah umur sebab sistem kekebalan tubuhnya belum tepat sehingga rentan terkena penyakit, meskipun demikian ada beberapa cara yang sanggup dilakukan oleh orang renta untuk meningkatkan sistem kekebalan badan pada anak.

1. Memberikan Asi Eksklusif

Pemberian ASI pada anak yang berusia 0-6 bulan mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya badan serta sanggup menunjukkan santunan terhadap penyakit yang berafiliasi dengan sistem pencernaan dan pernapasan.  

2. Bermain di Lingkungan

Para orang renta sering merasa khawatir apabila anak mereka bermain pada lingkungan yang kotor, padahal bermain pada lingkungan yang menyerupai itu sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan anak semoga sanggup berkembang sepenuhnya. 

3. Banyak Tertawa

Melakukan kebiasaan yang sanggup menciptakan anak tertawa merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan produksi sel yang sanggup membantu meningkatkan kekebalan badan dengan membunuh kuman penyebab flu dan pilek.

4. Beristirahat Dengan Cukup

Meningkatkan sistem kekebalan badan sanggup dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup sebab porsi tidur anak sehat dengan usia 3-12 tahun mencapai 10 jam setiap harinya.

5. Kurangi Memberikan Antibiotik

Pemberian anti biotik yang terlalu sering kepada anak sanggup melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara sanggup merusak silia rambut di dalam hidung yang berperan sebagai penangkal masuknya benda gila ke dalam badan sehingga jauhkan anak dari polusi udara menyerupai asap pembakaran, asap rokok dan polusi tanggapan beberapa materi kimia lainnya.

7. Berikan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Memberikan asupan makanan yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan imunitas merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan badan anak, makanan tersebut di antaranya yakni susu kedelai, ikan, telur, madu, sayuran dan buah-buahan.

Cara ini sanggup diterapkan dengan gampang dengan tetap memperhatikan dan memantau tumbuh kembang dan kebiasaan anak setiap harinya. (Baca Juga: Kiat Mendidik Anak yang Cerdas, Sehat dan Berani semenjak Dini)
0 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kekebalan Badan / Sistem Imun Anak"

Back To Top