Kandungan Gizi & Manfaat Popcorn (Berondong) Bagi Kesehatan

Mungkin beberapa dari anda pernah penasaran, apakah pop corn atau sering juga kita sebut berondong itu termasuk masakan sehat atau tidak? Hal ini dikarenakan pemrosesan dari jagungnya memakai minyak atau margarin, yang ini menciptakan anda bertanya-tanya. Makanan yang identik sebagai teman nonton ini, memang cukup yummy dan sering jadi kebiasaan sebagai masakan favorit sebagian orang.

Nah, dilansir dari laman Women's Health, owner Abby Langer Nutrition di Toronto, Canada yaitu Abby Langer, R.D menyatakan bahwa pop corn mempunyai kandungan serat yang tinggi, selain itu juga mempunyai kandungan kalori yang rendah. Posturnya yang mengembang juga menciptakan seseorang yang makan cenderung akan sanggup kenyang lebih lama. Plus sanggup memuaskan cita-cita saat mau ngemil dengan teksturnya yang renyah. Akan tetapi, beberapa orang justru hiperbola saat memakannya. Akibatnya kalori yang dikonsumsi pun sanggup lebih banyak dari biasanya.

Kemudian berdasarkan data dari USDA (United States Department of Agriculture), berikut ini ialah kandungan nutrisi dari pop corn:

  • Kalori: 31, 
  • Protein: 1 g, 
  • Karbohidrat: 6 g, 
  • Lemak: 0.4 g, 
  • Lemak jenuh: 0 g, 
  • Serat: 1 g, 
  • Sodium: 1 mg, 
  • dan Gula: 0.07 g.

*Data diatas diukur berdasarkan 1 cup dengan berat 8 g.

Perlu diingat, bahwa kandungan tersebut pun sanggup berubah apabila versi pop cornnya berbeda. Karena seringkali masakan yang satu ini ditambahi beberapa jenis toping menyerupai karamel dan sirup. Jika ingin lebih sehat, memang disarankan untuk konsumsi secara lebih alami tanpa menambahkan hal-hal lain yang kurang menyehatkan.

Dan ya, jikalau membeli secara pribadi memang biasanya sudah ditambahi perisa, pewarna, atau sirup, mungkin juga agak sulit menemukan yang lebih alami. Maka dari itu solusinya menciptakan sendiri (bagi yang sudah punya peralatannya) atau membeli pribadi yang sudah tanpa topping, atau pesan pada pembuat / penjualnya dengan tanpa toping. Dan jikalau anda merasa ini kurang nikmat, anda sanggup memanfaatkan kreativitas anda dengan menggantinya dengan toping sirup buah alami atau solusi-solusi cerdas lainnya.

Menjadi sehat kadang memang terkesan menantang, tapi disitulah bagaimana anda sanggup mengambarkan bahwa anda peduli serta sayang dengan kesehatan anda dan keluarga anda. :-)
Tag : Makanan
0 Komentar untuk "Kandungan Gizi & Manfaat Popcorn (Berondong) Bagi Kesehatan"

Back To Top