15 Batang Rokok Saja Dna Dapat Rusak!


Sekian banyaknya riset perihal efek rokok terhadap kerusakan DNA, yang kali ini mungkin paling menohok. Kaitannya dengan kanker mutasi genetik sudah terjadi tiap kali seseorang menghisap 15 batang rokok.

Kesimpulan ini didapat saat para peneliti yang di pimpin Wellcome Trust Sanger Institue, Cambridge Inggris melaksanakan analisis genetik terhadap genome yang dimiliki sejumlah pasien kanker sebanyak 60x untuk memastikan tak ada mutasi yang terlewat, bahkan sekecil apapun itu.

Yang disasar yakni pasien kanker paru dan kanker kulit (melanoma). Kedua kanker tersebut lumrah ditemukan pada penduduk negara maju.

Disitulah teridentifikasi 22.910 mutasi DNA di sel paru-paru pasien yang diduga berkaitan dengan materi kimia dalam rokok. Sedangkan pada pasien melanoma ganas, peneliti menemukan 33.345 mutasi genetik spesifik yang dikaitkan dengan paparan terhadap sinat matahari.

"Bisa dikatakan bahwa satu mutasi pada genome ini terjadi tiap pasien menghisap 15batang rokok." simpul ketua tim peneliti, Dr Peter Campbell menyerupai dilaporkan Nature.

Campbell mengatakan, temuan tersebut juga menjawab pertanyaan apakah karsinogen (pemicu kanker) memicu mutasi secara pribadi ataukah memperngaruhi fungsi prosedur perbaikan DNA. Faktanya, sebagian besar mutasi yang terjadi merupakan subtitusi DNA yang berbasis tunggal dan berkaitan pribadi dengan imbas karsinogenik dari rokok dan sinar matahari. Artinya kedua kanker ini sanggup di cegah.

Para peneliti berharap temuan ini akan  membantu mereka memahami penyebab kanker secara spesifik dan membuatkan pengobatan baru.
0 Komentar untuk "15 Batang Rokok Saja Dna Dapat Rusak!"

Back To Top