Cara Mengatasi Anak Yang Suka Makan Permen, Coklat, & Manisan Berlebih

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Makan Manisan, Permen, Coklat dll

Makanan anggun menyerupai permen dan coklat banyak disukai oleh banyak orang khususnya anak – anak. Mungkin rasanya yang anggun dan lezat menciptakan makanan ini lebih banyak di gemari. Namun, dari makanan anggun itulah muncul banyak sekali macam gangguan kesehatan pada anak.

Kecanduan permen, coklat dan makanan anggun semenjak dini sanggup menjadikan banyak sekali problem kesehatan, menyerupai :
  1. Sakit gigi
  2. Gigi berlubang
  3. Gangguan Pencernaan
  4. Obesitas
  5. Hiperaktif
  6. Menghilangkan nafsu makan, dll

Mungkin bagi setiap ibu sudah banyak melaksanakan cara bagaimana cara untuk mengatasi kecanduan makanan anggun pada anak. Nah untuk itu, ada beberapa tips yang sanggup dipraktekkan pada anak sehingga tidak lagi kecanduan makanan manis, menyerupai berikut ini.


Tips Supaya Anak Mengurangi Konsumsi Manisan / Permen / Coklat dan Makanan yang Tidak Sehat Lainnya



Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Makan Manisan Cara Mengatasi Anak yang Suka Makan Permen, Coklat, & Manisan Berlebih

  • Mencegah dan Berdiskusi
Pada usia tertentu anak akan mencoba semua hal yang ditemuinya, baik itu makanan atau minuman. Untuk itu, lebih baik mencegahnya supaya tidak gemar memakan makanan anggun dengan cara meminimalkan porsi anak mengkonsumsi makanan anggun dan hindari mengkonsumsi secara berlebihan. Dan usahakan selalu melaksanakan diskusi dengan anak dan memperlihatkan pemahaman mengenai pengaruh negatif dari banyak memakan permen dan coklat atau makanan anggun lainnya yang tidak baik bagi kesehatan. Berikan dua pilihan yang baik dan jelek supaya anak akan lebih sanggup menentukan yang terbaik bagi dirinya tanpa harus memarahi atau membentak dan bahkan hingga memukulnya hanya lantaran tidak mau menuruti apa yang diinginkan dari seorang orang tua.

  • Hindari Menghadiahi Makanan Manis
Setelah pergi ke pasar, mall atau supermarket cenderung kita membelikan sesuatu bagi anak di rumah, baik mainan ataupun makanan yang disukai. Untuk itu, hindari memperlihatkan hadiah berupa makanan yang anggun menyerupai permen atau coklat meskipun makanan tersebut sangat disukai oleh anak. Hal inilah yang usang – kelamaan akan menciptakan anak lebih menyayangi makanan manis. Pada akhirnya akan menjadi kecanduan makanan manis, kesudahannya terjadilah problem kesehatan pada anak. Oleh alasannya yaitu itulah, sebaiknya belikan makanan yang mengandung nilai gizi yang baik bagi kesehatan si anak. Selain itu, hindari juga terlalu sering membawa anak ke toko atau warung akrab rumah yang disana terdapat permen atau makanan anggun yang disukainya.

  • Buatlah Makanan Pengganti Permen
Untuk meminimalkan resiko kecanduan permen atau coklat pada anak, sebaiknya sediakan makanan alternatif sebagai pengganti kedua makanan anggun tersebut. Sediakanlah buah – buahan atau madu alami yang mempunyai rasa anggun alami bukan anggun buatan menyerupai yang ada pada permen atau coklat. Buah  - buahan tersebut sanggup kita olah menjadi sebuah makanan yang cocok untuk anak – anak menyerupai bubur atau selai.

Selain itu, perhatikan juga teladan makan si anak. Pastikan makanan yang dikonsumsi mempunyai nilai gizi dan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi per harinya.

Nah, itulah tadi beberapa tips cara mengatasi kecanduan permen, coklat dan makanan manis. Jadi, makanan anggun memang diperlukan oleh anak. Namun, sebagai orang renta kita wajib untuk mengatur porsi makanan anggun tersebut dan mengetahui makanan anggun apa saja yang baik bagi kesehatan anak dan makanan anggun apa saja yang tidak baik bagi kesehatan anak. 
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Anak Yang Suka Makan Permen, Coklat, & Manisan Berlebih"

Back To Top