Manfaat Timun Bahari / Teripang Untuk Kesehatan

Manfaat Makan Teripang / Timun Laut

Teripang merupakan salah satu binatang bahari yang berbentuk mirip mentimun, oleh alasannya ialah itu dikenal juga dengan timun laut. Meskipun ibarat mentimun, teripang mempunyai badan yang lunak tak sekeras mentimun. Teripang kini sudah banyak dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai obat herbal yang sanggup menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Teripang juga mempunyai beberapa macam kandungan yang diharapkan oleh tubuh, mirip vitamin, mineral, asam amino, protein, omega 3, omega 6 dan omega 9, antiseptik, saponin, lektin, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans dan kolagen. Yang tak kalah menariknya lagi, teripang sanggup merangsang sel untuk melaksanakan regenerasi baik luar ataupun dalam. Sehingga baik untuk pemulihan luka akhir kejadian atau sesudah menjalankan operasi. Nah untuk lebih jelasnya, simak manfaat teripang atau timun bahari berikut ini!


Khasiat & Manfaat Konsumsi Teripang / Timun Laut bagi Kesehatan Tubuh


Teripang merupakan salah satu binatang bahari yang berbentuk mirip mentimun Manfaat Timun Laut / Teripang untuk Kesehatan


  • Mencegah Kanker
Menurut sebuah penelitian, teripang mempunyai manfaat untuk mencegah kanker dengan membunuh sel penyebab kanker dan tumor. Sebab adanya kandungan glikosida  dan filinopsida A yang bersifat anti kanker dan anti tumor di dalam teripang. Sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker dan sel tumor untuk tumbuh dan jadinya mati lantaran gagal untuk berkembang.

  • Mengatasi Gangguan pada Sistem Pernafasan
Teripang sanggup mengatasi duduk perkara atau gangguan pada sistem pernafasan. Sebab adanya kandungan mukopolisakarida yang mempunyai kegunaan sebagai anti radang, anti jamur, antivirus dan antibakteri yang mengganggu sistem pernafasan serta organ badan lainnya. Sehingga menciptakan sistem pernafasan kembali normal.

  • Mengatasi Penyakit Ginjal
Teripang mempunyai kandungan protein dan senyawa fikosianin yang mempunyai kegunaan untuk mengatasi penyakit ginjal. Sebab, kedua kandungan tersebut akan memperbaiki atau meregenerasi jaringan sel yang rusak pada ginjal dan menciptakan kerja ginjal kembali normal, sehingga terhindar dari penyakit ginjal. Selain itu, senyawa fikosianin bersifat antioksidan dan pelindung bagi ginjal.


Teripang merupakan salah satu binatang bahari yang berbentuk mirip mentimun Manfaat Timun Laut / Teripang untuk Kesehatan
Gambar : Kevin Ketimun Laut di Kartun SpongeBob


  • Mengatasi Masalah Lambung
Teripang mengandung kolagen yang tinggi dan antiseptik di dalamnya sanggup membantu mengatasi duduk perkara atau gangguan pada lambung. Sebab, kandungan tersebut sanggup mengobati luka pada lambung dan mencegah maag akut. Selain itu, teripang juga sanggup mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan sistem pencernaan lantaran kaya akan protein yang di dalamnya.

  • Menyehatkan Tulang dan Sendi
Teripang biasanya diolah menjadi obat herbal dalam bentuk cair, mirip minyak gosok. Nah, minyak tersebut sanggup dipakai untuk mengobati sakit pada persendian. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa chondrotin sulfat yang mempunyai sifat anti inflamasi. Selain itu, sanggup pula membantu perbaikan tulang rawan, mencegah osteoporosis dan mencegah gangguan persendian.

Nah, demikian tadi khasiat dan manfaat teripang atau timun bahari untuk kesehatan. Jadi, teripang merupakan jenis binatang bahari dengan bentuk mirip mentimun yang sudah dibudidayakan dan diolah menjadi produk makanan atau obat herbal berupa minyak teripang atau ekstrak teripang yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 
0 Komentar untuk "Manfaat Timun Bahari / Teripang Untuk Kesehatan"

Back To Top