Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan

Ciplukan ialah tumbuhan herbal yang termasuk flora semak semusim. Tumbuhan ini mempunyai nama latin Physalis angula. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan, sawah, kebun, dan terkadang sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan, sungai atau selokan.

Pohon ciplukan akan tumbuh baik apabila berada pada ketinggian antara 0 hingga 1800 meter diatas permukaan laut. Tinggi tumbuhan ini hanya sekitar 30 hingga 80 cm dengan batangnya yang tegak, berwarna hijau dan berkayu lunak.

Daunnya mempunyai bentuk bulan telur berujung runcing. Pada tepi daunnya ada yang rata dan tidak rata serta mempunyai panjang daun hingga 15 cm dan lebar hingga 10 cm. Sedangkan bunga ciplukan muncul pada ketiak daun, warnanya agak ungu, mempunyai tangkai bunga tegak, ujung bunga agak terlihat mengangguk. Kelopak bunganya mempunyai ciri-ciri aneka macam lima dan mempunyai taju bersudut tiga serta meruncing. Sedangkan mahkota bunganya ibarat mirip lonceng dan benang sarinya mempunyai warna kuning pucat dengan adanya  kepala sari yang warnanya biru muda.

Sementara itu untuk buah ciplukan yang mempunyai nama latin Physalis angulata, biasanya 
dibungkus pada semacam kelopak menggelembung agak meruncing,  dengan warna hijau agak kekuningan, rusuk keunguan dan mempunyai panjang sekitar 3 cm. Buah buni berada di dalamnya dengan bentuk bundar agak memanjang dan berukuran sekitar 2 cm, warnanya kekuningan apabila sudah masak, rasanya anggun meskipun terkadang ada rasa sedikit pahit apabila kebanyakan makan.

Kandungan Ciplukan

Sebelum membahas mengenai manfaat buah ciplukan, alangkah baiknya kita bahas dulu mengenai beberapa kandungan dari tumbuhan ciplukan ini.

Selain mempunyai kandungan C27H44O-H2O, fisalin, asam sitrun dan Chlorogenik acid, buah ciplukan mempunyai kandungan tanin, alkaloid, kriptoxantin, malat, gula, dan vitamin C. Sedangkan untuk biji buahnya yang amat kecil mempunyai kandungan Claidic acid.

Pohon ciplukan juga mempunyai beberapa jenis kandungan senyawa aktif. Senyawa-senyawa itu ibarat saponin yang ada pada tunas, flavonoid yang ada pada daun dan tunas, serta polifenol, withhangulatin A dan fisalin yang ada pada buah.

Ciplukan ialah tumbuhan herbal yang termasuk flora semak semusim Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan
Gambar : Tanaman Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Kita sudah membahas sekilas mengenai kandungan dan juga ciri-ciri dari tumbuhan buah ciplukan. Lalu apa saja sih manfaat yang sanggup diperoleh dari tumbuhan yang punya nama ciplukan ini ?

Mengobati Diabetes Melitus

Apabila buah ciplukan dikonsumsi dengan cara teratur, maka akan menciptakan kelenjar badan untuk memproduksi insulin. Apabila konsentrasi dari insulin ini mencukupi, maka akan sanggup membantu mengobati diabetes mellitus. Bagaimana caranya ? Caranya hanya dengan menyiapkan tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah. Tapi jangan eksklusif direbus, tumbuhan ciplukan itu dibersihkan dahulu kemudian dilayukan. Baru sehabis itu direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal sisa 1 gelas saja. Kalau sudah, silahkan disaring dan diambil airnya kemudian diminum satu kali sehari.

Ciplukan ialah tumbuhan herbal yang termasuk flora semak semusim Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan
Gambar : Buah Ciplukan

Mengobati Sakit Tenggorokan

Ciplukan dipercaya sanggup mengatasi dilema sakit tenggorokan. Caranya juga mudah, cukup dengan persiapkan tumbuhan ciplukan kemudian dipotong kecil-kecil berukuran sekitar 3 cm. Selanjutnya cuilan tumbuhan ciplukan tersebut dijemur sambil dibungkus semoga tidak lembab. Setelah itu rebuslah dan ambil airnya kemudian diminum 3 kali sehari.

Mengobati Sakit Paru-Paru

Ciplukan diyakini sanggup mengobati penyakit paru-paru. Untuk caranya, silahkan rebus tumbuhan ciplukan utuh dengan 4 gelas air. Tapi sebelum direbus, tumbuhan ciplukan tersebut dicuci hingga bersih. Kalau sudah mendidih, dinginkan dan disaring kemudian ambil airnya. Barulah sanggup diminum 3 kali sehari.

Nah itulah beberapa hal mengenai khasiat ciplukan untuk kesehatan. Ternyata walaupun tumbuhan ini termasuk tumbuhan semak dan biasa tumbuh di pinggiran jalan atau di ladang, tapi mempunyai khasiat bagi kesehatan dan mengobati penyakit. Jangan lupa untuk share gosip ini di media umum Anda. Sebagai penulis, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat gosip perihal manfaat buah ciplukan ini.
0 Komentar untuk "Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan"

Back To Top