5Tips Semoga Mata Tidak Cepat Terasa Lelah Ketia Menatap Layar Monitor


Mata lelah bisa disebabkan oleh banyak hal namun di zaman modern ibarat kini ini umumnya lantaran terlalu usang menatap layar monitor. Akibat sudah fokus kadang seseorang bisa tak sadar bahwa matanya kewalahan. Bila kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus tentunya akan ada imbas pada kesehatan mata. Kemampuan melihat bisa turun permanen sehingga sebaiknya dicegah.

Dikutip dari banyak sekali sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan semoga mata tak cepat lelah menatap monitor :

1. Atur cahaya

Sesuaikan cahaya yang dipancarkan monitor dengan cahaya ruangan secara reguler. Buat semoga cahaya monitor tidak terlalu silau namun masih nyaman untuk digunakan.

Dengan cara ini selain menciptakan beban yang diterima oleh mata berkurang, beban tenaga yang diperlukan monitor juga berkurang. Efeknya kesehatan mata serta perangkat elektronik bisa jadi lebih awet.

2. Hindari pancaran langsung

Pancaran sinar reflektif dari komputer atau perangkat elektronik lainnya sanggup membebani mata. Belum lagi kalau dipakai malam hari sinar tersebut sanggup menipu badan mengganggu produksi hormon melatonin sehingga menciptakan seseorang sulit tertidur.

Untuk mengatasinya selain dengan mengatur cahaya bisa juga dengan memakai lapisan antireflektif dan sedikit memiringkan layar saat perangkat sedang digunakan.

3. Perbanyak mengedip

Berkedip sama ibarat bernapas, sesuatu yang jarang kita sadari meski bahwasanya dilakukan sehari-hari. Ketika menatap layar sesekali ingat untuk berkedip lebih sering. Tujuannya semoga kelembapan bola mata bisa terjaga mengurangi risiko terjadinya iritasi.

4. Istirahat tiap 30 menit

dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung menyampaikan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara pertama yaitu dengan memejamkan mata dan cara kedua yaitu dengan melihat objek jauh lebih dari 6 meter.

Kedua cara tersebut dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya untuk meringankan otot mata dan mengembalikan fokus kembali normal lantaran sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

5. Gunakan tetes mata

Bila terjadi iritasi pada mata lantaran terlalu fokus pada layar maka obat tetes mata bisa digunakan. Hal ini terutama penting bagi mereka yang memakai lensa kontak.
0 Komentar untuk "5Tips Semoga Mata Tidak Cepat Terasa Lelah Ketia Menatap Layar Monitor"

Back To Top