Apakah Minus Mata Dapat Bertambah Kalau Jarang Pakai Kacamata?


Ganjal menggunakan kacamata, sebagian orang yang mempunyai mata minus berharap kondisinya sanggup disembuhkan dengan mengonsumsi asupan tertentu atau dengan obat. Apakah kebiasaan ini sanggup menciptakan minus justru semakin besar?

Menurut dokter seorang hebat mata dari RS Puri Indah Pondok Indah, dr Siti F.S Rahmadhani, SpM, hingga ketika ini belum ada obat yang benar-benar sanggup mengurangi minus pada mata. Satu-satunya terapi yang mungkin sanggup dilakukan ialah dengan operasi lasik.

"Ya untuk ketika ini tidak ada obat atau cara untuk menghilangan minus kecuali dengan melaksanakan operasi lasik. Bila punya minus harus selalu kontrol rutin minimal satu kali setahun," tutur dr Siti.

Ia juga mengingatkan pentingnya menggunakan kacamata dengan lensa yang sesuai dengan kondisi mata. Sebab kalau tidak, hal ini tanpa disadari sanggup menyebabkan bertambahnya minus pada mata.

"Kelainan mata minus ini tidak terjadi secara mendadak tetapi perlahan. Jika tidak cepat diatasi dengan menggunakan kacamata maka minus sanggup makin tinggi. Tapi memang, tidak ada jaminan juga minus sanggup berkurang atau tetap walaupun sudah pakai kacamata alasannya ialah banyak faktor lain yang memengaruhi," imbuh dr Siti.

Lantas bagaimana dengan orang dengan mata minus yang malas menggunakan kacamata dan lebih menentukan menggunakan lensa kontak? Menurut dr Siti, pemakaian benda ini sering menyebabkan iritasi, abuh dan mata cenderung menjadi lebih kering.

"Kalau memang malas pakai kacamata dan tidak nyaman, hindari komplikasi suplemen akhir pemakaian lensa kontak dengan melaksanakan operasi lasik. Tapi konsultasikan dulu untuk diketahui kontraindikasinya," .
0 Komentar untuk "Apakah Minus Mata Dapat Bertambah Kalau Jarang Pakai Kacamata?"

Back To Top