Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Gedi

Daun gedi ialah daun yang mempunyai nama latin Abelmoschus Manihot. Daun ini juga menjadi sayuran khas dari kawasan Sulawesi Utara. Disana, sayuran yang populer enaknya yaitu sayor yondok alias sayuran dari daun gedi ini. Biasanya daun ini dijadikan masakan dengan aneka resep. Namun identik dimasak dengan santan dtambah rebung, ubi talas, dan ikan asin  atau ikan cikalang fufu.

Ciri-Ciri Daun Gedi

Struktur atau bentuk daun gedi yaitu menjari dan berlekuk-lekuk, hampir menyerupai daun pepaya tapi lebih lembut. Warnanya hijau segar dan diandalkan sebagai adonan sayuran. Tidak hanya dipakai sebagai sayuran di Indonesia, tapi juga di beberapa negara Asia yang lain.  Daun gedi tumbuh pada tanaman yang tingginya mencapai 2 meter. Daunnya mempunyai lima ruas menjari dan ujung daunnya meruncing. Tumbuhannya bisa tumbuh di dalam pot ataupun di pekarangan, alasannya yaitu di Sulawesi utara tanaman ini sering ditanam di pekarangan.

Daun gedi ialah daun yang mempunyai nama latin  Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan
Gambar : Daun Gedi

Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan


Tak hanya mempunyai kegunaan sebagai sayuran khas, daun ini juga menyimpan aneka macam khasiat bagi kesehatan. Selain menjaga kesehatan, juga bisa membantu mengatasi aneka macam duduk kasus penyakit. Inilah beberapa khasiat daun gedi untuk kesehatan :

Mencegah Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)


Daun gedi ialah daun yang mempunyai nama latin  Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan
Gambar : Osteoporosis
Gangguan pada tulang menyerupai osteoporosis umumnya dialami oleh perempuan yang menginjak masa menopause. Karena ketika masa menopause kadar hormon estrogen akan menurun. Biasanya dokter menyarankan untuk terapi suli hormon yang bertujuan untuk mengganti hormon alamiah yang berkurang. Akan tetapi memakai materi alami yaitu solusi yang cukup tepat. Penelitian mengatakan bahwa daun gedi bisa membantu mencegah osteoporosis. Penelitian dilakukan dengan memakai tikus betina yang telah di angkat indung telurnya. Kemudian tikus tersebut diberi makan daun gedi dengan aneka macam macam takaran dalam waktu tertentu. Hasilnya, ternyata tulang tikus menjadi lebih padat. Ini bisa disimpulkan bahwa pengeroposan pada tulang masih bisa dicegah atau dikendalikan. Kemudian, peningkatan kepadatan tulang sebanding dengan peningkatan santunan takaran daun gedi.


Gambar : Diabetes

Mengatasi Kejang, Diabetes, Depresi dan Penyakit Ginjal


Daun gedi mengandung senyawa flavonoid. Penelitian pun dilakukan, ternyata ekstrak materi ini bisa mencegah kematian tikus percobaan yang mengalami kejang. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, menciptakan ekstrak bunga gedi juga bisa dipakai untuk membantu mengatasi duduk kasus kejang alasannya yaitu epilepsi, obat anti depresi serta membantu menjaga fungsi saraf otak.



Menurunkan Resiko Penyakit Jantung


Daun gedi ialah daun yang mempunyai nama latin  Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan
Gambar : Serangan Jantung
Di dalam daun gedi mengandung senyawa flavonoid. Salah satu khasiat dari senyawa flavonoid yaitu bisa membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular menyerupai halnya penyakit jantung. Bagi orang yang mengalami duduk kasus penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bisa mengonsumsi daun ini sebagai hidangan sayuran hariannya. Itu alasannya yaitu daun gedi juga mempunyai kandungan serat yang bisa mengikat kolesterol dan lemak semoga dikeluarkan dari tubuh. Beberapa orang juga beropini bahwa dengan mengonsumsi daun ini, akan bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.




Mengobati Maag


Buah gedi mempunyai kandungan yang bisa melindungi lapisan pada dinding lambung. Hal itu akan membantu mengurangi resiko terjadinya iritasi akhir basil maupun kuliner yang mempunyai efek jelek pada lambung. Jika Anda termasuk penderita maag, Anda bisa mengkonsumsi daun gedi ini sebagai hidangan sayuran sekaligus obat alami.



Demikianlah isu mengenai khasiat & manfaat daun gedi  bagi kesehatan. Semoga dengan adanya isu tersebut bisa menciptakan kita lebih bertambah pengetahuan, selain itu bisa memetik pelajaran berharga. Apa pelajaran berharga itu ? Bahwa ternyata ada banyak manfaat dari setiap materi alami di sekitar kita. Kita bisa memanfaatkannya mulai dari kini dan mengurang bahan-bahan kimia yang dikonsumsi.

0 Komentar untuk "Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan"

Back To Top